Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Jumat, 04 Maret 2016

Being a Good Writer

Kamis tanggal 3 Maret 2016, Kopkun Institute menyelenggarakan pelatihan menulis di Koperasi Kampus Unsoed atau Kopkun 3 Teluk. Kegiatan ini merupakan penguatan dari rangkaian kelas Management Kopkun Institute. Sejumlah peserta dari berbagai lembaga mengikuti kegiatan yang dibimbing langsung oleh Direktur Kopkun Institute Firdaus putera, HC.
Firdaus Putera mengawali materi dengan menyebutkan beberapa perubahan yang mempengaruhi model penulisan, salah satunya adalah maraknya pemakaian media sosial. Hal itu menjadikan leburnya batasan formal dan informal, peningkatan tendensi satire, dan personalisasi tulisan.
“Tulislah semuanya tanpa koreksi sampai semua ide selesai tertulis, setelah itu baca ulang dan lakukan koreksi dan finishing tulisan. Untuk memperkaya ide & wacana banyaklah  membaca, melihat, mendengar dan pengalaman.” ungkap tokoh muda koperasi  Banyumas yang sekaligus menjabat Manager Organisasi di Kopkun tersebut.
Pemilihan judul yang menarik, menjadi dasar yang perlu diperhatikan oleh seorang penulis pemula. Selain itu hal dasar lainnya adalah alinea pertama (headline) harus merebut minat dan rasa penasaran pembaca. “Prinsip Keep it Short and Simple adalah suatu keharusan supaya pembaca mudah memahami isi tulisan kita,” katanya.  
Bagian penutup, atau bagian terakhir tulisan merupakan simpulan atau ringkasan pembahasan sebelumnya. “Don’t tell but describe, hindari pemakaian kata klise bijaksana, seharusnya, lebih baik yang terkesan menggurui pembaca.” lanjutnya.
Firdaus menyampaikan bahwa teknik dasar selanjutnya bahwa sebuah tulisan harus mengandung konsep What, Where, Who, When, Where dan How yang sering disingkat 5W+1H. “Hindari tulisan yang terkesan menggurui, terlalu general dan memberi harapan palsu.”paparnya.
Pembelajaran yang diselingi dengan tanya jawab dan canda ringan dilanjutkan dengan membahas beberapa tulisan peserta kegiatan. Koreksi dan evaluasi tulisan peserta dari masing-masing blog melengkapi kegiatan pembelajaran Menulis Kelas Manager Kopkun Institute yang berakhir di pukul 22.30 WIB.

“Menulis adalah penyampaian pesan dan kesan atau gaya tulisan, jangan terjebak klise dan penggunaan kata yang tidak perlu, perbanyak menulis,” kata Firdaus di ujung pertemuan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons