Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Sabtu, 28 Mei 2016

Bedah buku “Ketika Orang Kecil Takut ke Bank”

Jum’at, 27 Mei 2016, bertempat di CU Cikalmas Bedah buku “Ketika Orang Kecil Takut ke Bank” diselenggarakan, sekaligus menjadi ajang Kopi Darat grup WA Ekonomi-Koperasi Banyumas. Selain  peserta dari berbagai unsur : KPRI Neu, Kpri Sehat, Argo Mulyo Jati, BMT Mentari, Perwakilan STAIN, acara yang dimoderatori Direktur Kopkun Institute ini juga menghadirkan sang penulis buku dan tokoh CU Cikalmas Purwokerto sebagai pembicara.
Buku yang sukses merebut hati penggiat koperasi tersebut secara umum berisi kumpulan  catatan proses perjalanan Credit Union atau CU di Kalimantan. Tentang “spirit” berkoperasi  yang sukses menggerakan perekonomian rakyat yang terbukti mumpuni dalam membantu upaya keterpurukan masyarakat di Kalimantan Barat khususnya dan Kalimantan umumnya untuk dapat hidup layak.
Menariknya Prima Sulistya sebagai penulis buku awalnya adalah orang yang awam koperasi. Proses dialektikanya dengan beberapa tokoh muda koperasi disertai semangat pembelajaran yang tinggi membuatnya menjadi antusias untuk memahami perkoperasian. Lambat laun terbangun  kesadaran berkoperasi dan sekaligus merefleksikannya dalam berbagai aktivitas, yang salah satunya terangkum dalam sebuah buku.
Dari dialog sederhana mengenai buku yang dulu berjudul “Berjuang Menolong Diri Sendiri” memicu lahirnya inspirasi khususnya dari beberapa perwakilan koperasi. Yang akhirnya memunculkan ide meredefinisi prinsip pendidikan dan pendekatan anggota CU diaplikasikan dalam konsep pendidikan koperasi. Harapannya adalah terbangunnya blue print  karakter SDM koperasi, sebagai solusi untuk mengembalikan khitah koperasi (bring back co-op) yang benar benar konsen dalam pembangunan manusia dan kemanusiaan.

Beberapa hal yang menjadi kesepakatan adalah adanya pertemuan pertemuan lain di tempat yang berbeda sebagai proses pembelajaran bersama. Kesadaran bahwa pendidikan anggota menjadi tolak ukuran kemajuan sebuah organisasi, selain kesabaran dalam membangun mimpi. Yang  tidak kalah menariknya adalah celetukan penggiat dan tokoh CU Cikalmas Purwokerto, Damar Sasongko di akhir dialogBerkoperasi jangan sendirian, harus banyak teman....”

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons