Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Minggu, 15 Mei 2016

Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Fasilitator dan Pendamping KUKM

Hari Jum’at – Sabtu, 13-14 Mei 2016 Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Fasilitator  dan Pendamping KUKM diselenggarakan. Kegiatan yang merupakan kerjasama Kementrian  Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan menengah) Provinsi jawa Tengah diikuti sekitar 120 peserta dari pelaku UMKM, Fasilitator, Koperasi  dan perwakilan akademisi bertempat di Hotel Siliwangi Semarang, Jawa Tengah. 
Selain sebagai tindaklanjut surat Asisten Deputi  Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Koperasi dan UKM RI kegiatan ini sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas SDM Pendamping dan Fasilitator.  Output pelatihan diharapkan bisa memberi bekal baik secara teknis maupun pengetahuan lain dalam persiapan memfasilitasi keberadaan UMKM baik secara teknis maupun sistematis, sehingga UMKM benar-benar merasakan manfaat positif dengan kehadiran Pendamping dan Fasilitator.
Kecilnya intensitas Pembinaan dan Pendampingan UMKM (atas nama perorangan maupun lembaga) yang baru sekitar 108,9 ribu dari 6 juta lebih pelaku UMKM di Jawa Tengah menjadi catatan Dinas Koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan menengah) Provinsi jawa Tengah.  Oleh karena itu untuk target tahun 2016, 60% program pengembangan dikonsentrasikan ke arah ketrampilan terutama ditujukan ke daerah miskin, dengan total target pembinaan 750 orang, demikian disampaikan  dengan Dinas Koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan menengah) Provinsi jawa Tengah dalam sambutannya yang sekaligus membuka secara resmi jalannya pelatihan. 
Selama 2 hari peserta diberikan pengetahuan mengenai Manajemen Keuangan, Pemasaran dan Proses Pendampingan dan Fasilitator. Materi Pelatihan tersebut diharapkan mampu menjadikan sosok Fasilitator dan Pendamping yang mampu memaksimalkan nilai yang dimiliki atau bahkan bisa memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki perusahaan/UMKM, mengarahkan supaya produk UMKM dapat bersaing dengan kompetitor yang semakin beragam sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan kelangsungan UMKM. 

Petunjuk teknis Pendampingan tentang bagaimana Pengumpulan Data, pemetaan, analisis & Action Plan serta Progress Report  yang dilengkapi juga pelatihan (diskusi kelompok) teknis proses pendampingan menjadi materi terakhir yang sekaligus menjadi materi terakhir sebelum Pelatihan ditutup. Sebelum masing-masing kembali ke tempat asal, peserta membuat Grup “PendampingUKM.Slwgi.2016”. selain Sebagai wahana bertukar informasi UMKM, keberadaan grup diharapkan tetap bisa menjaga ikatan persaudaraan dan komunikasi antar peserta Pelatihan yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons