Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Kamis, 27 September 2012

Jenuh.....Boring



Jenuh, bosan, boring, capek, malas merupakan satu kesatuan kalimat untuk mengungkapan sesuatu yang sangat tidak mengenakkan bagi siapapun yang menjalaninya. Setiap kita pasti pernah mengalami hal ini yang biasanya merupakan akumulasi dari hal yang sama dalam waktu yang lama, minim perubahan, atau karena situasi yang membuat kita tertekan sementara kita tidak bisa melakukan apa-apa. Jenuh itu tidak enak, tidak gaul dan tidak baik untuk kesehatan. Apakah jenuh terjadi karena terlalu lama beraktivitas dan tidak ada perubahan???
Disini saya mencoba menyumbangkan ide mengapa kejenuhan terjadi (menurut saya):
1.    Tidak ada aktivitas.
     Tidak ada aktivitas, menganggur merupakan hal ajaib pemicu kejenuhan, kejenuhan yang timbul justru karena kita menginginkan aktivitas. Itulah kenapa menunggu merupakan pekerjaan yang sangat membosankan, dan kejenuhan yang muncul di tahapan ini kalau kita tidak bisa mencarikan jalan secara bijak bisa membangkitkan kegiatan-kegiatan yang menjurus kepada hal negatif jika kita berkumpul dengan orang yang sama pula.
2.    Terlalu banyak aktivitas yang monoton.
     Berbeda dengan penyebab point 1, kejenuhan yang diakibatkan di sini karena aktivitas banyak tetapi tidak ada perubahan, selalu mengerjakan hal yang sama dalam jangka waktu yang lama. Di beberapa perusahaan/institusi pemerintah hal ini disiasati dengan adanya rolling, selain untuk melakukan penyegaran juga untuk menghindari kejenuhan yang timbul. Kejenuhan semacam ini bisa mengakibatkan penurunan kinerja, hasil yang tidak maksimal dan yang paling fatal bisa menular ke pekerja yang lain.
3.    Pekerjaan yang terlalu sulit/terlalu mudah.
     Pekerjaan atau aktivitas yang terlalu mudah juga sangat memungkinkan memicu naiknya tingkat kejenuhan, karena pada dasarnya setiap manusia membutuhkan tantangan. Selain itu pekerjaan yang terlalu sulit sangat memungkinkan timbulnya rasa putus asa bagi seseorang karena tidak bisa menyelesaikannya. Perasaan putus asa yang berkepanjangan akan menimbulkan rasa malas dan akhirnya menimbulkan kejenuhan akut. Untuk itu dalam lapangan pekerjaan fungsi dari managemen adalah menakar kemampuan karyawannya sehingga pekerjaan yang dibebankan proporsional, setara dengan kemampuan dan keahlian yang bersangkutan.
4.    Ada Pilihan Lain.
     Logikanya ketika kita mempunyai pilihan lain yang lebih menyenangkan dan menjanjikan secara otomatis akan menghasilkan reaksi tubuh yang memberikan penolakan kepada yang lama. Pilihan baru membuat kita merubah pola pandangan kita ke yang lama sehingga akan terlihat menjadi membosankan, menjenuhkan, dan kurang cocok lagi dengan kita.
5.    Tidak ada tujuan yang pasti
     Pemikiran yang terakhir mengenai sebab kemunculan kejenuhan adalah tidak ada tujuan yang pasti tentang segala sesuatu yang kita kerjakan, kita lakukan ataupun kita tekuni selama ini. Setiap orang butuh kepastian, kejelasan mengenai semua hal...ketika itu tidak dapat ditemukan maka yang muncul adalah kejenuhan.

Bagaimanapun kejenuhan sama seperti layaknya sifat kita yang lain seperti senang, suka, duka, sedih, gembira dan lain-lain. Pada dasarnya kita lah yang harusnya memahami keadaan, situasi, dan kondisi kita sendiri, demikian juga dalam menyikapi suasana hati kita. Kondisi tertekan, tidak berdaya, sangat bosan, tidak berdaya, tidak tahu harus melakukan apa yang menimbulkan potensi kejenuhan harus dipikirakan secara matang, jangan sampai karena jenuh sesaat kita mengorbankan masa depan anak kita.
Hanya karena kesalahpahaman dengan atasan/teman kerja yang membuat kita merasa bosan dan jenuh, kita mengambil jalan pintas dengan mengorbankan aktivitas sehari-hari/pekerjaan. Karena pada dasarnya sejenuh apapun pekerjaan/aktivitas kita sekarang, sebosan apapun kita dengan lingkungan kerja dan semua yang ada didalamnya, masih lebih jenuh dan membosankan ketika kita terpaksa harus menganggur....

2 komentar:

suplemen glucogen mengatakan...

postingnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, sukses ya.
suplemen glucogen

suplemen pelangsing badan mengatakan...

terima kasih atas infonya sangat bermanfaat.
suplemen pelangsing badan

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons