Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Rabu, 30 Januari 2013

Menindak Pemikiran


Setiap peristiwa akan terekam dalam pemikiran kita, membuka cetak biru beberapa pengalaman yang pernah kita lalui, mengalirkan system pola pikir kita untuk dikonversikan dan melahirkan tindakan, dan sebuah tindakan menghasilkan sebuah output yang beberapa kemungkinan akan berimbas kepada sebuah akibat. Tidak penting bagaimana penyikapan kita tetapi sejauh mana kita mempunyai refleks pemikiran yang tepat dalam kondisi yang kadang kurang menguntungkan. Akan lebih bijak jika kita mempunyai beberapa alternatif tindakan yang tersimpan rapi dalam sebuah memori aktif dalam otak kita untuk mencegah beberapa kemungkinan yang merugikan kita dan orang di sekitar kita.

Kita bisa memulai dari membiasakan berpikir simple, sederhana namun tepat guna. Sebuah pola yang tersusun setiap saat, fleksibel ketika situasi berubah dan tetap melatih kecerdasan syaraf tubuh kita sehingga meminimalisir setiap bentuk penyesalan untuk perbuatan yang kita lakukan. Untuk membuat sebuah tindak refleks kita harus membiasakan berlatih dan berlatih, belajar dari setiap kemungkinan, tidak hanya dari pengalaman kita tetapi juga memperbaharui kekayaan intelektual dari pengalaman orang lain. Untuk setiap pemikiran yang kita latih akan menyusun ulang kecepatan sel tubuh dalam bereaksi dan dalam tahap tertentu ketika kesadaran kita sudah terbiasa dengan refleks tersebut, pola aliran refleks akan merasuk ke dalam alam bawah sadar kita. Untuk sampai ke alam bawah sadar yang merupakan sebuah analogi kesempurnaan pola pikir, kita juga harus menyempurnakan pemikiran kita dengan alur final dari sebuah pemikiran yaitu sebuah tindakan, hasil realistis dari sebuah pemikiran idealis.

Pengelolaan pola pikir yang efektif merupakan senjata ampuh meminimalisir dominannya emosi dalam setiap keputusan, menghindarkan kita dari beberapa kemungkinan yang sering menghantui tindakan yang berujung pada penyesalan yaitu bertindak tanpa berpikir lebih dulu. Bertindak tanpa berpikir merupakan refleksi dari gamangnya diri kita saat menghadapi situasi yang datang secara tiba-tiba, tidak terduga sehingga hanya akan melahirkan refleks pemikiran prematur yang terbalut emosi.

Tidak kalah membahayakannya adalah saat kita tidak terbiasa memadukan pola pikir sinergis, hanya mendalami dan menghayati sebuah kemungkinan teoritis belaka. Kita terhanyut dalam estetika dan doktrin yang terhenti dalam ranah ide dan gagasan tanpa mampu melanjutkannya dalam wilayah teknis. Berpikir tanpa bertindak tidak hanya mencemarkan keilmiahan sebuah pemikiran, tetapi selamanya akan memenjarakan segala mimpi kita dalam karya bisu sebuah kemungkinan.

Semua harus dipikirkan, semua harus diwujudkan. Berlatih dan belajar akan membuat sebuah refleksi positif yang memungkinkan kita menjadi individu yang tidak hanya berpikir atau bertindak, tetapi melahirkan sebuah upaya realistis untuk berpikir sambil tetap berkarya yang kalau diistilahkan “Learning by doing”. Paling tidak kita tetap berusaha mewujudkannya, menjadi pribadi yang berpola pikir efektif, cerdas namun tetap humanis dan realistis tidak peduli berapa juta kita melakukan kesalahan karena kita hanya membutuhkan satu kebenaran dalam hidup ini.

2 komentar:

suplemen pelangsing badan mengatakan...

artikelnya sangat menarik dan bermanfaat, sukses ya
suplemen pelangsing badan

suplemen glucogen mengatakan...

postingnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, sukses ya.
suplemen glucogen

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons