Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Senin, 14 Januari 2013

Salahlah Sebanyak Mungkin



Layaknya beberapa sifat yang melekat pada diri kita, kesalahan merupakan suatu anugerah, ‘fasilitas khusus’ yang diberikan Tuhan untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tentu saja bukan sebagai perisai dari ketidaktahuan dan ketidakmauan kita menerima kebenaran, tetapi merupakan sebuah proses untuk menuju yang lebih baik. Jadi berbuatlah salah dengan tidak mengesampingkan kecerdasan dan kemanusiaan kita.

Hakekat kesalahan tidak semerta-merta terjadi begitu saja, ada banyak tahap dan tingkatan yang mengiringi suatu kesalahan :
1.      Kesalahan sebagai sebuah kebenaran.
Tidak bisa dipungkiri lagi kesalahan merupakan gerbang suci menuju sebuah kebenaran baru, dalam banyak riwayat sang penemu tidak serta merta menciptakan sebuah pembuktian hal baru sebagai sebuah perwujudan ide cerdas. Mereka memulai dari kesalahan demi kesalahan, dan terus belajar dari kesalahan tersebut untuk menemukan sebuah kebenaran. Ada sebuah istilah yang menyebutkan sebagai trial and error, sebuah kesalahan dianggap wajar dan dimaklumi ketika melekat pada sebuah penelitian, pembuktian dan kegigihan dalam berkreasi dan berinovasi. Kesalahan jenis ini merupakan kelas premium yang bahkan diharapkan akan terus berlangsung dalam sebuah institusi, gambaran dari keaktifan SDM yang ada didalamnya untuk terus berusaha dan berproses.

2.      Kesalahan sebagai sebuah penolakan.
Sebenarnya oknum yang bersangkutan bisa menghindari dari kesalahan, hanya masalah kepentingan yang membuatnya berbuat salah, salah satu bentuk penolakan yang biasa terjadi di lapangan. Pelaku biasanya orang yang bisa berfikir dan cerdas, karena ketidaksetujuannya dengan suatu cara/person yang menjadi atasan maka dia bertindak salah untuk menunjukkan bahwa yang diperintahkan atau yang memerintahkan (decision maker) salah menganalisa suatu kemungkinan sehingga mempunyai kesan salah. Biasanya kesalahan ini bermaksud untuk mencari kambing hitam dan diperlukan kecerdasan lebih untuk menganalisa dan melakukan evaluasi sehingga oknum pelaku bisa memahami dan merubah pola pikirnya sehingga lebih memahami suatu kebijakan.

3.      Kesalahan sebagai bagian dari ketidaktahuan.
Salah karena tidak tahu biasanya untuk beberapa hal dimaklumi dan dipahami sebagai suatu proses adaptasi. Kesalahan jenis ini merupakan hal yang wajar jika dilakukan 1 atau 2 kali, menjadi tidak wajar jika kita sudah memberitahu dan mengajarkan yang benar tetapi kesalahan tetap terjadi pada orang yang sama. Yang perlu kita pastikan bahwa kita tahu letak kesalahan, berusaha mempelajari lebih lanjut dan memahami maksud dari suatu hal. Sosialisasi menjadi sangat penting untuk mencegah hal ini terjadi. Kesalahan jenis ini bisa terjadi pada orang yang masih baru bergabung, baru memasuki wilayah tersebut atau ketidakjelasan suatu pekerjaan sehingga pemahaman menjadi melenceng dari yang seharusnya.

4.      Kesalahan sebagai simbol dari ketidakmampuan.
Kesalahan level ini merupakan tingkat kesalahan strata paling rendah dalam piramida kesalahan umum. Pelaku biasanya sudah belajar, berusaha memahami dan mempunyai semangat untuk menguasai, tetapi kemampuannya kurang sehingga kesalahan selalu terjadi dan tidak pernah bisa menguasai. Di kesalahan level ini alangkah bijaknya kita tidak memaksakan dan mencari jalan terbaik, mungkin memang kita tidak bisa memakai SDM untuk hal ini atau kita mencarikan tempat yang pas sehingga tidak terjadi kesalahan beruntun yang bisa mengakibatkan kesalahan menjadi sebuah budaya yang pada akhirnya akan dianggap sebagai suatu kebenaran.

Selalu berbuat benar bukan berarti tidak bertemu dengan kesalahan, adakalanya kesalahan merupakan kata kunci yang harus kita lakukan. Tidak menutup kemungkinan dari 1000x pembelajaran 999x harus ditempa dengan kesalahan. Selalu mengharapkan dan memperbaiki sebuah kesalahan sebagai bagian dari mimpi kita mutlak diperlukan, dilengkapi dengan kegigihan dan semangat terus belajar. Semakin sering kita berinovasi maka kesalahan  akan semakin banyak kita temukan, yakinlah bahwa kesalahan tersebut bukan sebagai bagian dari ketidaktahuan dan ketidakmampuan kita, tetapi menjadi bagian dari kreativitas dan kemauan keras kita untuk selalu belajar dan belajar.....menjadi sebuah karya yang bermanfaat.

2 komentar:

suplemen pelangsing badan mengatakan...

postingnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, sukses ya.
suplemen pelangsing badan

suplemen glucogen mengatakan...

postingnya bagus dan sangat bermanfaat, sukses^^
suplemen glucogen

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons