Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Kamis, 15 November 2012

Syuro dalam Catatan


Hari ini kita memasuki tahun baru Islam atau yang dikenal dengan bulan Muharram/Assyura/Syuro yang biasanya sesuai dengan kepercayaan masyarakat dibarengi dengan berbagai acara adat diberbagai daerah. Entah mengapa sangat berbeda dengan tahun baru Masehi yang disambut dengat gegap gempita dan meriah, perayaan 1 Suro (sebutan masyarakat Jawa) diliputi dengan mistis dan berbagai larangan atau ritual.
Dimulai dengan kepercayaan tidak baik melangsungkan acara pernikahan, mitos keluarnya makhluk halus, roh, demit, lelembut dari alam kegelapan, bahkan ada salah satu film horror era Suzana yang sampai saat ini masih dikenal yaitu film Malam 1 Suro yang penuh dengan kengerian ala film hantu. Tidak heran malam 1 Suro dimanfaatkan untuk membersihkan barang keramat, pusaka, ritual mandi, puasa, mendatangi tempat2 angker untuk minta ‘petunjuk’ dan semua itu sangat dipercaya sebagai sebuah kebenaran umum. Percaya maupun tidak semua tergantung pada kita sendiri sejauh mana kita bisa menetapkan itu sebagai sebuah kepercayaan dan keyakinan.
Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam sistem kalender Islam. Kata Muharram artinya 'dilarang'. Sebelum datangnya ajaran Islam, bulan Muharram sudah dikenal sebagai bulan suci dan pada bulan ini dilarang untuk melakukan hal-hal seperti peperangan dan pertumpahan darah. http://www.miit-toronto.org/bulan_Muharam.htm.
Dalam Bulan Muharram ada hari yang terkenal dengan hari 'Asyura (tanggal 9 dan 10 Muharram atau tanggal 10 dan 11 Muharram) yang merupakan hari dimana Nabi Musa diselamatkan dari kejaran Rafja Fir’aun. Di hari itu pula umat Islam disunahkan untuk berpuasa karena keutamaannya hanya setingkat dibawah keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan.
Sejumlah umat Islam mengaitkan kesucian hari 'Asyura  dengan kematian cucu Nabi Muhmmad Saw, Husain saat berperang melawan tentara Suriah. Kematian Husain memang salah satu peristiwa tragis dalam sejarah Islam. Namun kesucian hari 'Asyura tidak bisa dikaitkan dengan peristiwa ini dengan alasan yang sederhana bahwa kesucian hari 'Asyura sudah ditegakkan sejak zaman Nabi Muhammad Saw jauh sebelum kelahiran Sayidina Husain. Sebaliknya, adalah kemuliaan bagi Husain yang kematiannya dalam pertempuran itu bersamaan dengan hari 'Asyura.
Jadi sebenarnya bulan muharram adalah bulan kesucian dan keutamaan untuk beribadah, sangat baik untuk melakukan kontemplasi, koreksi, evaluasi baik secara duniawi maupun menakar kadar keimanan kita, mengingatkan kita akan segala kesalahan dan kekhilafan serta menetapkan niat untuk berubah lebih baik. Semoga awal tahun Hijriyah ini menjadi momentum tepat bagi kita untuk tetap fokus di jalan Tuhan dengan berbagai kesemrawutan dunia yang harus kita taklukan. Billahi fi sabilil haq fastabikul khoirot.....

2 komentar:

suplemen pelangsing badan mengatakan...

artikelnya sangat menarik dan bermanfaat, sukses ya
suplemen pelangsing badan

suplemen glucogen mengatakan...

postingnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, sukses ya.
suplemen glucogen

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons