Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Minggu, 11 November 2012

Sosok Samar Pahlawan



Malam yang sangat gerah, panas dan menyebalkan sangat mengusik kenyamanan dan keinginan untuk beristirahat setelah seharian menghabiskan waktu di tempat kerja. Bosan duduk lalu mengutak atik phone yang sedang tenang tanpa pesan atau panggilan, terpaksa kuambil remote dan kunyalakan televisi. Langsung terpampang iklan peringatan 10 November (Hari Pahlawan). Baru ingat kalau hari ini tgl 10, pantesan banyak tema kepahlawanan, biasanya juga tidak pernah disinggung...kalau pas lagi harinya baru pahlawan di ingat, zoom out dan dipedulikan (walaupun lebih banyak digunakan untuk kepentingan media juga).
Mencoba menelusuri lorong-lorong otak untuk mengingat mengingat siapa pahlawan favorit, tapi tidak ada yang muncul secara visual sebagus ingatan tentang superhero dan tokoh kartun media televisi. Visualisasi pahlawan hanya muncul sebatas medium hitam putih kucel yang sering terpampang di bingkai lukisan perkantoran, atau sosok lecek yang menghiasi lembaran rupiah dan terselip di saku, sosok pahlawan sama sekali tidak menarik dan terkesan 'kuno'...
Pahlawan merupakan kata abstrak yang terurai dalam ragam definisi yang terkonstruk dalam sebait makna, sebenarnya konon pahlawan berasal dari bahasa Sansekerta phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas. Kalau pengertian yang umum (middle end definisi) pahlawan adalah orang yang kuat, gagah berani, membela yang lemah dan menumpas kejahatan, mungkin kalau di wujudkan mirip dengan cara pandang kita terhadap tokoh superhero yang sering ditayangkan di televisi.
Sekilas mirip pengertian antara pahlawan dan Superhero, bedanya pahlawan sangat manusiawi, bisa mati, banyak kelemahan, dijadikan topik saat hari pahlawan, superhero sangat dipuja, mendekati sempurna, divisualkan dengan baik, diperankan oleh tokoh akting ternama sehingga namanya tetap menggaung dan diidolakan oleh banyak kalangan, baik usia anak-anak maupun usia lanjut.
Apakah salah ketika orang lebih mengenal tokoh superhero ketimbang pahlawannya sendiri yang bersimbah darah mempertahankan kemerdekaan ??? Mungkin tidak, karena layaknya sebuah infotainment sebuah topik harus selalu digosipkan, diingatkan dan ditayangkan sehingga masyarakat tidak lupa dan selalu teringat. Pertanyaannya seberapa sering Pahlawan Nasional diulas di media, dalam setahun, dalam sebulan, dalam seminggu bahkan dalam sehari, berapa banyak ikon kepahlawanan yang di launching, atribut2, iklan, merchandise dan hal lain yang selalu mengingatkan kita pada kisah mengagumkan pahlawan kita ketika merebut kemerdekaan..... bandingkan dengan antusias media ketika mengulas topik lain, kisah selebriti, atau film superhero Superman atau Batman misalnya.
Beberapa perusahaan besar sangat menyadari bahwa proses mengingat produk atau brand atau pencitraan sangat dipengaruhi oleh kondisi bawah sadar, kondisi bawah sadar akan otomatis terbentuk ketika kita melihat/mendengarkan /mengucapkan sesuatu secara berulang-ulang. Itulah sebabnya mengapa bisnis iklan, pencitraan sangat berkembang pesat, dan pengaruhnya luar biasa. Sebagai contoh saat kita membutuhkan pasta gigi yang terlintas di benak kita adalah ‘odol’, atau ketika menyebut sepeda motor kita secara tidak sadar terucap ‘honda’....
Bagaimana jika kita mau tetap mengenang pahlawan, menjadikannya ikon, tauladan, penghargaan tertinggi kita sebagai generasi penerus......bangsa ini harus meniru bagaimana perusahaan mengiklankan produknya sehingga dalam jangka waktu tertentu dalam seluruh masyarakat lebih mengenal dan menghargai pahlawan dengan segala kisahnya ketimbang tokoh pahlawan impor. Jangan sampai masyarakat lebih mengenal tokoh korupsi daripada peran pentingnya pahlawan kita.

1 komentar:

suplemen pelangsing badan mengatakan...

artikelnya sangat menarik dan bermanfaat, sukses ya
suplemen pelangsing badan

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons