Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Selasa, 18 Desember 2012

Pecahkan Masalah



“Mari kita pecahkan masalahnya bersama-sama.....” kata temanku dalam sebuah rapat koordinasi tahunan di sebuah perusahaan, dan herannya semua mengiyakan tanpa banyak komentar. Menurutku ada sesuatu yang janggal dalam perkataan itu, dulu ketika duduk di bangku kuliah dan masih banyak waktu untuk memperdebatkan sesuatu yang sangat sepele kami pernah membahas ini sampai berbusa-busa dan hasil akhirnya sederhana, perlu pembenahan bahasa (tanpa mengurangi rasa hormat terhadapa bahasa yang selama ini lazim digunakan di masyarakat) supaya hasilnya yang ebih efektif. Karena memecahkan masalah bukan solusi bahasa yang tepat, dalam pemikiran kami dipecahkan hanya memperkecil/menyedehanakan masalah tetapi menimbulkan masalah baru yang lebih banyak, menyerupai gelas retak yang kita pecahkan, hasilnya adalah serpihan kecil dalam jumlah banyak yang semakin sulit dibersihkan tetapi menimbulkan potensi bahaya yang lebih besar.
Secara bahasa kata pecah berarti kata kerja: terbelah menjadi beberapa bagian; rusak; tidak bersatu lagi. secara umum mendefinisikan sesuatu yang tidak utuh, bukannya hilang tetapi terbagi menjadi bagian kecil yang berdiri sendiri. Berdasarkan definisi tersebut kadang kami berkelakar itulah kenapa Indonesia selalu bermasalah, kalau di negara lain masalah dicarikan solusinya bersama-sama, di sini masalah dikumpulkan untuk dipecahkan kemudian ditinggal pergi dan dianggap selesai. Walaupun tidak bisa dijadikan preseden dan hanya berdasarkan atas nama semangat pencarian dan metode trial and error, namun tidak ada salahnya direnungkan kembali benarkah pemahaman bahasa bisa menyebabkan setting pola pikir terdefinisi berbanding lurus dengan pengertian bahasa tersebut. Dan parahnya menurut indera kami yang terbatas di negara ini hampir semua masalah besar hanya dibahas, dirapatkan, pembentukan unit khusus, pembagian entitas kecil, sesaat booming di media masa dan di saat yang lain lenyap tak berbekas.
Krulik dan Rudnick mendefinisikan pemecahan masalah adalah suatu suatu usaha yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan pengetahuan, ketrampilan dan pemahaman yang telah dimilikinya. Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2253033-pengertian-pemecahan-masalah/#ixzz2FSID7YiR
Pada poin pemecahan masalah di atas terdapat faktor kunci usaha sungguh-sungguh, pemahaman dan penyelesaian masalah yang harus ada dan disodorkan sebagai bagian sangat vital dari definisi pemecahan masalah. Dalam arti kita harus mengarungi hal tersebut untuk memerankan secara apik jalan panjang memecahkan suatu permasalahan.
Yang menjadi masalah, terkadang kita sangat memiliki tingkat keengganan yang akut ketika menghadapi suatu permasalahan. Masalah menjadi momok menakutkan, hal yang wajib dihindari, aib yang harus dicegah, definisi lain dari ketidakmampuan, bahkan demi nama baik tidak jarang permasalahan ditutup-tutupi sampai akhirnya terbuka ketika semua tingkat keakutannya dalam tahap mengkhawatirkan. Padahal pada hakekatnya masalah merupakan hal wajar dalam proses perkembangan, masalah merupakan ujian bagi kita yang memahaminya untuk melompat ke jenjang yang lebih tinggi, kata lain dari tantangan untuk pencapaian yang lebih berkualitas dan bermakna.
Diperlukan ketetapan hati, keyakinan dan kedewasaan mereduksi keyakinan yang selama ini kita sematkan kepada sosok yang didefinisikan sebagai masalah, munhkin sudah saatnya kita menghapus pemikiran negatif terhadapa masalah yang selalu merugikan. Masalah bisa menjadi besar tumbuh dan berkembang dengan kecepatan yang tidak bisa kita duga sebelumnya jika kita jauhi atau kita hindari. Saatnya kita kelola semua permasalahan dengan lebih bijak, lebih bermakna dan mengambil kemanfaatan yang lebih besar dari permasalahan yang timbul. Tegarkan mental siapkan solusi untuk semua permasalahan yang mungkin timbul, luangkan waktu untuk lebih memahami permasalahan dengan senjata skill, dan ketrampilan yang kita kuasai. Pemecahan masalah lebih kepada solusi yang tepat, hasilnya adalah masalah selesai, tanpa menghasilkan masalah baru lagi sebagai bagian dari effek samping ketidakpahaman kita dan pastikan terhindar dari solusi yang prematur.

2 komentar:

suplemen pelangsing badan mengatakan...

artikelnya bagus dan bermanfaat.
suplemen pelangsing badan

suplemen glucogen mengatakan...

postingnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, sukses ya.
suplemen glucogen

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons