Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Minggu, 02 Desember 2012

antri...antri....



Hari ini Tuhan sedang menguji kesabaran, setelah sebelumnya tempat parkir penuh, penitipan barang tidak mampu menampung, ditambah lagi  dengan antrian super dahsyat di sebuah mall di Purwokerto. Mungkin hampir sama dengan berjubelnya pembeli ketika mendekati lebaran Idul Fitri, padahal kalau dipikir-pikir Natal dan tahun baru masih sebulan lagi. Deretan kasir yang banyak belum mampu memberikan kenyamanan bagi para pembeli, berbagai keluhan dan dengus kecewa menghiasi moment ngantri siang itu melengkapi rasa capek dan getir penat di kaki karena terlalu lama berdiri. Tidak cukup hitungan menit bahkan siang itu harus mangantri lebih dari setengah jam hanya sekedar untuk membayar.
Satu tanya terbersit di ujung kepala, apakah sedemikian kurang jumlah pusat perbelanjaan di Purwokerto ini, atau budaya konsumerisme yang telah sukses mengakar dalam kalangan masyarakat kita. Di lain sisi disadari atau tidak ketika kita berbelanja tidak hanya membawa misi kepentingan mencukupi kebutuhan saja tetapi juga sederet ego ketika berbelanja di tempat yang tenama. Tidak cukup keperluan sehari-hari, merk toko yang tertera di kantong plastik juga membawa kebanggaan ketika tercantol di motor saat pulang, sepanjang perjalanan seakan kita menunjukkan posisi kita dalam level masyarakat. Mungkin itulah kenapa walaupun ratusan toko kecil maupun besar berjajar di tepi jalan, dari tengah kota sampai daerah pinggiran seakan belum memuaskan dahaga kita untuk berbelanja.
Pemilik toko, mall atau ritel pun semakin jeli membidik konsumen, tidak hanya menyediakan keperluan sehari-hari, beberapa pusat perbelanjaan skala menengah atas dilengkapi dengan foodcourt, wahana mainan anak-anak, ATM, pusat handphone dan seabrek pusat kebutuhan seconder di berbagai lokasi strategis di dalam tokonya. Pas sekali dengan keinginan konsumen sekarang yang gemar dimanjakan dan menjerat mereka untuk merasa nyaman dan tidak perlu pergi ke tempat lain untuk menghamburkan kerja keras sebulan penuh.
Sayangnya dengan semakin banyak konsumen yang menjadi pelanggan, di hari-hari libur management ritel seharusnya lebih jeli melihat hal yang bisa mengurangi kenyamanan pelanggan seperti antrian yang panjang, keterbatasan personel untuk pelayanan konsumen, penitipan barang dan kondisi parkir yang tidak mampu menampung membludagnya pengunjung seakan-akan mencerminkan adanya celah kelam yang harus segera diantisipasi. Hal itu penting sebelum paradigma konsumen yang setiap kali menemui hal tersebut akhirnya membentuk opini publik dan akhirnya menjadikan stigma negatif bagi masyarakat.
Pada dasarnya retil tidak hanya mengandalkan kelengkapan produk, lokasi dan kemudahan saat berbelanja saja tetapi tetap harus diperhatikan hal pendukung lain. Dimulai dari ketika konsumen menapakkan kaki halaman, kenyamanan dan kemudahan memarkir kendaraan, kesan saat memasuki tempat belanja, ketersediaan barang dan kelengkapannya, proses pencarian barang, pembyaran sampai meninggalkan kompleks perbelanjaan. Atau dengan kata lain kenyamanan yang berkaitan dengan barang, area belanja maupun personel yang melayani konsumen idealnya sama seperti saat melayani seorang raja, seiring dengan kata pepatah konsumen adalah raja.
Memang susah menjaga image baik, menyediakan segala keperluan plus sdm yang sesuai dengan yang kita inginkan, apalagi melayani orang banyak dari segala kalangan, kepentingan dan usia tetapi itulah tantangan yang harus dihadapi. Apalagi dengan menjamurnya ritel kecil dengan segala kelebihan dan kemudahan, lokasi yang mendekat ke permukiman, pelaku ritel harus benar-benar waspada dan jeli memahami keinginan konsumennya jika tidak ingin ditinggalkan pelanggan.

1 komentar:

suplemen pelangsing badan mengatakan...

terima kasih atas infonya sangat bermanfaat.
suplemen pelangsing badan

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons