Read more: http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-judul-pada-blog-bergerak.html#ixzz274NKvLCo

Rabu, 19 Desember 2012

Mendahului takdir ???



‘Mendahului takdir’ sebenarnya hanyalah ungkapan personal yang terlontar ketika mendapati beberapa orang teman sedang curhat tentang berbagai kesulitan yang mendera tiada henti sampai muncul pemikiran untuk mengibarkan bendera putih untuk perjuangan yang seakan tiada berujung. Pemahaman yang tercuat dari analisis sederhana bahwa takdir merupakan ketentuan yang telah ditetapkan Yang Maha Kuasa dan tidak dapat dirubah yang selama ini kita kenakan untuk rejeki, jodoh dan ajal. Semakin rumit karena kita tidak akan pernah tahu bagaimana sesuatu hal disebut takdir sampai kita melalui tahapan itu dan melewati sesuatu dalam kehidupan dengan segala hasilnya, ringkasnya kita mungkin bisa memahami itu sebuah takdir ketika kita mengetahui outputnya. Selama kita belum mengetahui secara pasti hasil dari segala peristiwa maka semua masih bisa diusahakan.
Ketika tersinyalir ungkapan keputusasaan sampai ada kalimat yang terlontar “...kalau begini caranya aku pasti tidak akan bisa menjadi sukses, selamanya akan termasuk golongan kaum fakir miskin...”. ungkapan satir dan menyiratkan keputusasaan yang mengerikan, betapa tidak.... kita sudah mendahului garis Sang Pencipta dengan menegaskan bahwa kita akan seperti ini. Mungkin seharusnya kita tidak hanya membuat draft analisa tersebut karena Tuhan tidak menggugurkan semangat umatNya dengan hanya melempar bola ‘takdir’ tetapi ada petunjuk tambahan yang kira-kira berbunyi demikian “Tuhan tidak akan merubah suatu kaum sampai kaum itu merubahnya sendiri...”. Keluasan dan kedalaman analisa sangat diperlukan untuk merubah cara pandang kita, jangan sampai terjebak dalam aliran pola yang sangat parsial.
Benang merah yang kita dapatkan dari istilah “Mendahului takdir” sebenarnya banyak sekali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika rekan kerja dimutasi dan secara cepat menyimpulkan dia dimatikan karirnya, sikap menolak ketika ada perubahan dengan mencetuskan kalimat “ini pasti tidak akan berhasil” atau semua hal yang kita yakini endingnya bahkan sebelum kita memulai sebuah kegiatan. Saat naluri dan hakekat kemanusiaan kita bahkan tidak mengetahui apa yang terjadi peristiwa satu jam mendatang, kemudian dengan penuh percaya diri seolah-olah kita melakukan perjudian dengan mengungkapkan fakta dan keyakinan yang mungkin terjadi beberapa hari atau beberapa bulan ke depan hanya karena kita tidak menyukai sesuatu, meramalkan sesuatu, menduga-duga, berprasangka, pesimis, putus asa...apakah itu bukan mendahului takdir ?
Semua pasti mengandung hikmah, Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu hanya satu, semua tercipta dengan berpasangan, jika ada siang malam, kanan kiri, terang gelap, jika kita mengalami hal yang menyakitkan pasti ada kesenangan atau hikmah dibalik semuanya. Putus asa tidak akan memecahkan masalah, pesimis bukan jalan terbaik dan menyerah bukan satu-satunya pilihan. Kodrat kita tidak dilahirkan sebagai pecundang, tetapi sebagai penguasa/khalifah bumi dan seisinya, jangan sia-siakan hamparan cahaya ketuhanan yang bersinar dalam setiap tetes kehidupan ini.
Tuhan telah mendesain semangat perjuangan kita bahkan ketika kita masih berwujud setetes air mani yang harus bersaing dengan jutaan tetes lainnya untuk bertranformasi menjadi janin, bagaimana kita diajari berjuang untuk terlahir di dunia ini dengan pembelajaran yang sangat mahal dari pengorbanan seorang ibu dan memberikan jutaan pelajaran lain yang bisa dapatkan dari kehidupan ini. Semua yang kita anggap takdir perlu pembuktian untuk melihat hasil akhirnya, kita harus mengubah semuanya dengan segala kemampuan untuk mewujudkan dan mengakhiri sebagai seorang pemenang, seberat apapun ujian yang harus kita hadapi, yakinlah ......pasti bisa. Karena Tuhan tidak menyukai hambanya yang lemah dan mudah putus asa.......

2 komentar:

suplemen pelangsing badan mengatakan...

artikelnya sangat menarik dan bermanfaat, sukses ya
suplemen pelangsing badan

suplemen glucogen mengatakan...

postingnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, sukses ya.
suplemen glucogen

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons